Friday 15 August 2014

Mesin Cuci Canggih dan Ramah lingkungan

Baru-baru ini Seorang desainer industrial asal Korea Selatan, Chan Yeop Jeong, berhasil menciptakan sebuah konsep mesin cuci unik sebagai bagian dari tim di Electrolux Design Lab.

Dinamakan Pecera, mesin cuci ini nantinya mampu mencuci semua pakaian tanpa harus menggunakan detergen, melainkan menggunakan robot ikan yang akan memakan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada pakaian.

Robot ikan yang dinamakan Dofi ini menawarkan konsumen cara lain mencuci pakaian yang jauh lebih efektif dan ramah lingkungan. Inspirasinya sendiri berasal dari spa ikan, dimana ikan-ikan akan memakan sel-sel kulit mati dan kulit kering pada kaki yang membuat kaki lebih bersih dan sehat.

Menurut Chan Yeop Jeoung, perbedaannya ialah Dofi bekerja dari kekuatan hydroelectric dan membersihkan pakaian dengan mendeteksi kotoran melalui kamera kecil yang dipasang.

Robot ikan ini juga didesain memiliki mulut yang bentuknya bulat, sehingga mampu menghisap kotoran, sementara jelly berisi cairan alkaline di tiap Dofi akan memecah dan menyerap molekul kotoran. Saat jelly menyentuh serat pakaian, jelly tersebut akan melonggarkan serat pakaian dan menyerap seluruh kotoran yang menempel.

Penggunaan detergen saat mencuci umumnya sering kali mengakibatkan oksidasi dan warna pakaian yang luntur. Dengan menggunakan mesin cuci tersebut, konsumen tak perlu menggunakan detergen sehingga dua hal tadi tidak akan terjadi.

Sehinga  konsumen tak perlu khawatir bahan pakaian mereka rusak saat dicuci. Tanpa detergen, biaya kebutuhan rumah tangga pun berkurang. Mereka yang memiliki kulit sensitif dan alergi detergen pun tak perlu was-was.

Sumber: PSFK

No comments:

Post a Comment